Nasional

Kinerjanya Selalu Dikritisi, Begini Doa Jokowi untuk Mendiang Rizal Ramli

12
×

Kinerjanya Selalu Dikritisi, Begini Doa Jokowi untuk Mendiang Rizal Ramli

Sebarkan artikel ini
Kinerjanya Selalu Dikritisi, Begini Doa Jokowi untuk Mendiang Rizal Ramli

Nadineworldwide.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan duka cita menghadapi meninggalnya Rizal Ramli pada Selasa (2/1/2024).

Ucapan duka cita itu disampaikan Jokowi melalui akun Instagram pribadinya @jokowi.

Melalui keterangan foto yang diunggah, Jokowi memberikan kesan terhadap sosok almarhum.

“Turut berdukacita berhadapan dengan berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Rizal Ramli, mantan Menko Kemaritiman, kemarin dalam Jakarta. Saya mengenal almarhum Rizal Ramli sebagai orang ekonom yang dimaksud cerdas kemudian aktivis yang digunakan kritis akibat kecintaan terhadap bangsanya,” tulis Jokowi dilihat Suara.com, Rabu (3/1/2024).

Jokowi sekaligus mendoakan Rizal Ramli serta keluarga yang ditinggalkan.

“Semoga arwah almarhum mendapatkan tempat nan lapang di area sisi Allah SWT serta segenap keluarga juga kerabat yang tersebut ditinggalkan kiranya diberi kesabaran,” ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi mengirimkan karangan bunga sebagai ungkapan duka cita berhadapan dengan meninggalnya Rizal Ramli.

Pantauan Suara.com di lokasi, karangan bunga dari kepala negara itu diletakan di area halaman di rumah almarhum pada Jalan Bangka IX Nomor 49, Ibukota Selatan.

Melalui karangan bunga, Jokowi dan juga keluarga menyampaikan rasa berbelasungkawa berhadapan dengan kepergian almarhum.

“Turut berduka cita melawan wafatnya Bpk. Rizal Ramli. Presiden Joko Widodo & KLG,” tulis karangan bunga dari presiden, seperti dilihat Suara.com, Rabu (3/1/2024).

Hal mirip juga ditujukan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Wury Ma’ruf Amin yang digunakan turut mengirimkan karangan bunga duka cita menghadapi meninggalnya Rizal Ramli.

Selain karangan bunga dari Jokowi, tampak jajaran karangan bunga lain sebagai ucapan duka.

Salah satunya terlihat karangan bunga dari putra Jokowi, yakni Gibran Rakabuming Raka selaku Wali Daerah Perkotaan Surakarta.

Karangan bunga ucapan duka cita dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi melawan meninggalnya ekonom senior Rizal Ramli pada depan rumah duka di area Jalan Bangka IX, Ibukota Indonesia Selatan, Rabu (3/1/2023). (Suara.com/Novian)
Karangan bunga ucapan duka cita dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi melawan meninggalnya ekonom senior Rizal Ramli di dalam depan rumah duka di area Jalan Bangka IX, Ibukota Selatan, Rabu (3/1/2023). (Suara.com/Novian)

Ada juga karangan bunga dari Anies Baswedan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit hingga Menko Area Perekonomian RI, Airlangga Hartarto.

Sementara itu, beberapa orang tokoh terlihat melayat ke rumah duka. Mereka di area antaranya, Wakil Presiden ke-10 kemudian ke!12 RI Jusuf Kalla, Menteri Perjalanan dan juga Sektor Bisnis Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqie, Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani, Kapten Timnas AMIN Muhammad Syaugi.

Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa (2/1/2024) di malam hari pukul 19.30 Waktu Indonesia Barat di dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.

Jokowi dan juga Rizal Ramli (Twitter/ @RamliRizal).
Jokowi dan juga Rizal Ramli (Twitter/ @RamliRizal).

Sementara itu untuk waktu pemakaman, direncanakan jenazah akan dikebumikan pada Kamis (4/1) bada zuhur di tempat TPU Jeruk Purut.

Rizal Ramli yang tersebut sekaligus mantan Menteri Koordinator Lingkup Ekonomi, Keuangan dan juga Industri itu wafat di tempat usia 69 tahun. Sejumlah tokoh politik, kolega juga sahabat banyak yang merasa kehilangan dan juga mengucapkan duka cita serta doa untuk mendiang.

Semasa hidupnya, Rizal Ramli dikenal sebagai tokoh yang digunakan berpartisipasi mengkritisi kebijakan pemerintah yang digunakan dinilainya melenceng dari kepentingan warga banyak.

Terutama di tempat era kepemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), sosok Rizal Ramli banyak melontarkan kritik, tak semata-mata bidang sektor ekonomi yang tersebut memang sebenarnya menjadi keahliannya, termasuk juga kebijakan politik.

Salah satu kritik terakhir yang mana disampaikan Rizal Ramli yakni terkait urusan politik dinasti. Kritik itu ia komunikasikan pada 8 November 2023 di tempat akun X (dulu Twitter) pribadinya.

(Sumber: Suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *