Nasional

Kronologi Kecelakaan Pesawat Japan Airlines, Kebakaran Menarik Tapi Seluruh Penumpang Selamat

9
×

Kronologi Kecelakaan Pesawat Japan Airlines, Kebakaran Menarik Tapi Seluruh Penumpang Selamat

Sebarkan artikel ini
Kronologi Kecelakaan Pesawat Japan Airlines, Kebakaran Menarik Tapi Seluruh Penumpang Selamat

Nadineworldwide.com – Baru-baru ini rakyat dihebohkan dengan berita kecelakaan pesawat Japan Airlines hinggu memunculkan kebakaran pada landasan pacu. Hal ini pun lantas mengundang tanya, bagaimana kronologi kecelakaan pesawat Japan Airlines? Simak berikut ini ulasannya.

Diberitakan bahwa Pesawat Japan Airline dengan no penerbangan 514 mengalami kecelakaan tabrakan dengan pesawat yang mengangkut bantuan korban gempa pada Selasa (2/1/2024) dalam Bandara Haneda, Tokyo.

Seluruh penumpang Japan Airlines dinyatakan selamat. Namun, 5 dari 6 awak pesawat bantuan korban gempa dinyatakan meninggal dunia. Tewasnya awak pesawat yang disebutkan telah lama dikonfirmasi oleh Menteri Perhubungan Jepang.

Banyak yang dimaksud penasaran juga ingin mengetahui mengenai kronologi kecelakaan pesawat Japan Airlines yang digunakan bertabrakan dengan pesawat bantuan korban gempa? Nah untuk selengkapnya, berikut ini kronologinya.

Kronologi Kecelakaan Pesawat Japan Airlines

Berdasarkan  laporan media Jepang, tabrakan antara pesawat Japan Airlines lalu pesawat penjaga pentai yang mana mengangkut bantuan korban gempa ini terjadi pada pukul 17.47 (waktu setempat). Tabrakan yang disebutkan memunculkan kebakaran hebat di dalam landasan pacu.

 Adapun pada ketika terjadi tabrakan, Pesawat Japan Airlines dengan sedang mengangkut 367 penumpang dan juga 12 awak kabin. Diberitakan bahwa pesawat Japan Airlines ini menabrak pesawat penjaga pantai yang akan terbang untuk memberikan bantuan terhadap korban gempa.

Dalam rekamanan video yang digunakan beredar, usai terjadi tabrakan, pesawat pun berhenti dengan kobaran api besar pada badan pesawat. Para penumpang segera turun menggunakan perosotan darurat juga petugas pemadam kebakaran secara langsung bergegas memadamkan api.

Untuk pemicu tabrakan, sampai ketika ini belum ada pernyataan resmi terkait faktor insiden tabrakan yang dimaksud melibatkan pesawat Japan Airlines dan juga pesawat penjaga pantai Bandara Haneda, Tokyo.

Sebagai informasi tambahan, proses penyelamatan para penumpang oleh pilot serta kru kabin pesawat Japan Airlines dipuji oleh direktur sistem transportasi  Universitas Cranfield di dalam Inggris. Menurutnya, Pesawat Japan Airlines adalah ‘pemimpin dunia’ tentang urusan keselamatan.

Ia juga menambahkan bahwa proses evakuasi yang mana berjalan sukses ini sebagai pengingat tentang betapa  terlatihnya para kru kabin. Para kru kabin fokus untuk menyelamat penumpang, bahkan merekan mengundurkan diri dari terakhir.

Demikian ulasan mengenai kronologi kecelakaan pesawat Japan Airlines yang dimaksud menabrak pesawat penjaga pantai yang akan memberikan bantuan untuk korban gempa.

Kontributor : Ulil Azmi

(Sumber: Suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *