Nasional

Mahfud MD Kenang Rizal Ramli: Sahabat Lama Sering Pergi Bersama, Terakhir Jumpa Bergurau Saling Berpelukan

15
×

Mahfud MD Kenang Rizal Ramli: Sahabat Lama Sering Pergi Bersama, Terakhir Jumpa Bergurau Saling Berpelukan

Sebarkan artikel ini
Mahfud MD Kenang Rizal Ramli: Sahabat Lama Sering Pergi Bersama, Terakhir Jumpa Bergurau Saling Berpelukan

Nadineworldwide.com – Menteri Koordinator Lingkup Politik, Hukum, dan juga Security atau (Menkopolhukam) Mahfud MD melayat ke rumah duka Rizal Ramli. Kurang lebih banyak Mahfud berada dalam kediaman almarhum selama 10 menit.

Setelah melayat ke pada rumah, Mahfud lantas menyampaikan duka mendalam dirinya menghadapi kepergian kawan lamanya yang mana merupakan seseorang ekonom senior tersebut.

“Saya bergabung bela sungkawa yang mana sedalam-dalamnya oleh sebab itu kita semua kehilangan. Global aktivisme, dunia itu tadi intelektualisme, dunia gerakan, civil society itu kehilangan, kehilangan tokoh besarnya sekarang.”

“Tapi kita harus rela, sebab itu adalah jalan yang digunakan harus ditempuh oleh setiap orang,” tutur Mahfud dalam rumah duka pada Jalan Banga IX Nomor 49, Ibukota Indonesia Selatan, Rabu (3/1/2023).

Mahfud mengatakan, Rizal merupakan sahabat lama baginya. Sejak dahulu, diceritakan Mahfud, ia dan juga Rizal Ramli kerap berpergian bersamang baik ke luar negeri maupun di area di negeri. Keduanya berpergian, berkeliling untuk menyebarluaskan ide.

Kesamaan ide besar keduanya ialah kepentingan bagi negara lalu bangsa. Meski sahabat, Mahfud tak memungkiri ia juga Rizal Ramli ada kalanya berbeda pandang.

Karangan bunga ucapan duka cita dari sebagian pejabat berhadapan dengan meninggalnya ekonom senior Rizal Ramli di area depan rumah duka dalam Jalan Bangka IX, Ibukota Selatan, Rabu (3/1/2023). (Suara.com/Novian)
Karangan bunga ucapan duka cita dari banyak pejabat melawan meninggalnya ekonom senior Rizal Ramli dalam depan rumah duka di area Jalan Bangka IX, DKI Jakarta Selatan, Rabu (3/1/2023). (Suara.com/Novian)

“Ada kalanya di hal-hal yang dimaksud sifatnya taktis operasional mampu berbeda juga kita mampu saling mengupayakan lalu saling mengkritik,” ujar Mahfud.

Tidak Bisa Kontak

Mahfud mengungkapkan sejak dua bulan ke belakangan dirinya tiada berkontak dengan Rizal Ramli. Belakangan diketahui kabar pada Selasa kemarin, sahabat lamanya yang disebutkan telang berpulang.

Mahfud kemudian Rizal Ramli terakhir kali berjumpa pada 28 September 2023 kala keduanya sama-sama hadir di perayaan ulang tahun ke-76 Luhut Binsar Pandjaitan.

Mahfud bercerita, pada acara perayaan ulang tahun Menteri Koordinator Lingkup Kemaritiman serta Penyertaan Modal itu beliau kemudian Rizal Ramli bertukar cerita juga bergurau bersama.

“Pertemuan terakhir saya bergurau dengan beliau itu pada ketika hari ulang tahun Pak Luhut. Sama-sama hadir di dalam situ lalu saya bersalaman, berpelukan, saling bercerita, gurau-gurau gitu. Beliau masih tampak segar waktu itu, waktu hari ulang tahun Pak Luhut kalau nggak salah di area bulan September ya,” tuturnya.

Diketahui, Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa (2/1/2024) waktu malam pukul 19.30 Waktu Indonesia Barat dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.

Sementara itu untuk waktu pemakaman, direncanakan jenazah akan dikebumikan pada Kamis (4/1/2023) bakda zuhur pada TPU Jeruk Purut.

Rizal Ramli yang tersebut sekaligus mantan Menteri Koordinator Area Ekonomi, Keuangan lalu Industri itu mangkat di dalam usianya yang digunakan ke 69. Sejumlah tokoh politik, kolega juga sahabat banyak yang merasa kehilangan dan juga mengucapkan duka cita lalu doa untuk mendiang.

Semasa hidupnya, Rizal Ramli dikenal sebagai tokoh yang dimaksud berpartisipasi mengkritisi kebijakan pemerintah yang dimaksud dinilainya melenceng dari kepentingan warga banyak.

Terutama pada era kepemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), sosok Rizal Ramli sejumlah melontarkan kritik, tak belaka bidang perekonomian yang dimaksud memang sebenarnya menjadi keahliannya, termasuk juga kebijakan politik.

Salah satu kritik terakhir yang digunakan disampaikan Rizal Ramli yakni terkait urusan politik dinasti. Kritik itu ia komunikasikan pada 8 November 2023 pada akun X (dulu Twitter) pribadinya.

(Sumber: Suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *