Nasional

Sosok Rizal Ramli dalam Mata Kolega, Sering Dianggap Kreator Kegaduhan kemudian Pengkritisi Andal

15
×

Sosok Rizal Ramli dalam Mata Kolega, Sering Dianggap Kreator Kegaduhan kemudian Pengkritisi Andal

Sebarkan artikel ini
Sosok Rizal Ramli pada Mata Kolega, Sering Dianggap Kreator Kegaduhan kemudian Pengkritisi Andal

Nadineworldwide.com – Mantan juru bicara Presiden KH Aburrahman Wahid atau Gus Dur, Adhie Massardi mengaku sangat kehilangan melawan wafatnya Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli.

Menurur Adhie, tak hanya sekali dirinya yang mana merasa kehilangan, namun seluruh rakyat Indonesia turut kehilangan sosok kritikus yang mana andal.

“Mas Rizal ini memang benar seperti lahir untuk berjuang juga ketika berada di area pada kabinet pun, beliau masih berjuang, lalu ketika menjadi Menko Maritim misalnya, ia mengkritisi teman-temannya,” katanya, di tempat rumah duka Rizal Ramli, Jalan Bangka IX, Ibukota Selatan, Selasa (2/1/2024).

Adhie yang tersebut pada waktu itu sama-sama berada dalam pada Kabinet Gus Dur menyampaikan bahwa Rizal masih banyak menyalahkan lalu bersikap kritis meskipun sudah pernah telah dilakukan berada pada pemerintahan.

Adhie sendiri pernah bertanya untuk Rizal alasannya masih rutin mengkritisi, walaupun telah dilakukan berada di tempat pada pemerintahan.

“Jawaban Mas Rizal adalah ‘ketika saya di area luar saya mengkritisi pemerintahan, ketika dalam pada (pemerintahan), ketika ada penyimpangan-penyimpangan masa saya diam’,” katanya meniru ucapan Rizal.

Pembuat Kegaduhan

Adhie mengatakan, perlu adanya sosok Rizal Ramli di area pemerintahan yang mana kerap dianggap sebagai pembuat kegaduhan.

Ia beranggapan bahwa kritik yang tersebut disampaikan Rizal justru sudah menyelamatkan keuangan negara. Seperti kritiknya pada Maskapai Garuda Indonesia yang berencana membeli pesawat jumbo hingga akhirnya batal.

“Kemudian konstruksi listrik yang digunakan 35 ribu watt itu dianggap tiada masuk akal dan juga dianggap ada perubahan-perubahan kebijakan,” ungkapnya.

“Mas Rizal ini pada luar maupun di area di (pemerintahan) tetap saja kritis sehingga sekarang Indonesia kehilangan tokoh yang dimaksud mengkritisi siapa saja,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Staf Rizal Ramli, Yosef Sampurna Nggarang, mengungkapkan almarhum meninggal setelahnya hampir sebulan menjalani perawatan di tempat RSCM.

“Satu bulan terakhir pada RSCM, beliau melawan sakitnya. Tuhan punya kehendak lain,” ujar Yosef terhadap Suara.com.

Kabar duka meninggalnya Rizal Ramli sebelumnya beredar di tempat grup WhatsApp kalangan wartawan. Berikut isi pesannya:

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 Waktu Indonesia Barat pada Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo,” tulisnya seperti dikutip.

“Kami segenap keluarga memohon maaf jikalau ada kesalahan beliau selama hidupnya,” lanjutnya.

Dalam arahan yang disebutkan juga menerangkan keluarga yang tersebut berduka, yakni anak Rizal Ramli, Dhitta Puti Sarasvati Ramli, Dipp Satria Ramli, Daisy Orang Ramli

Kemudian Rizal Ramli meninggalkan dua orang cucu yakni Anabel Asmara Ramli lalu Anakin Lazuardi Ramli.

Serta menantu yang ditinggalkan Fandra Febriand, Dina Arumsari, Daniel Kirschen.

(Sumber: Suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *