Nasional

TikTok Ajak Penggunawan serta Publik Luas #SalingJaga Menjelang Pesta Demokrasi 2024

Nadineworldwide.com – Untuk melindungi integritas pilpres serta melawan misinformasi, media distribusi video singkat terdepan, TikTok kembali melanjutkan inisiatif proaktif pada bawah pergerakan #SalingJaga.

Gerakan yang disebutkan dirilis melalui sebuah video panduan kreatif untuk mengedukasi pengguna dan juga penduduk umum tentang cara #SalingJaga dari bahaya misinformasi di area wadah digital.

Video ini beserta rangkaian inisiatif lainnya, juga bertujuan untuk mengingatkan rakyat luas agar terus #SalingJaga ketika mengekspresikan diri, membagikan sudut pandang, lalu membagikan konten di dalam sistem digital dan juga media sosial khususnya mendekati pesta demokrasi di area tahun 2024 mendatang.

Dalam video #SalingJaga ini, TikTok menggandeng figur masyarakat kemudian kreator konten dari berbagai latar belakang profesi dan juga generasi yaitu Angga Yunanda, Merry Riana, Sania Leonardo, juga Dims The Meat Guy.

Keempat figur ini memberikan edukasi kreatif tentang bagaimana pengguna dapat #SalingJaga di tempat media digital melalui sejumlah tips melawan misinformasi yang mana mudah dipahami serta diterapkan oleh rakyat luas.

Aktor Angga Yunanda mengatakan, sebagai warga digital kita semua harus terus #SalingJaga dari bahaya misinformasi dalam platform digital digital. Ada berbagai cara yang tersebut mampu dilakukan, salah satunya dengan secara proaktif melaporkan konten yang tersebut berpotensi mengandung misinformasi, terlebih jikalau konten yang disebutkan bersifat menyesatkan.

Angga Yunanda.
Angga Yunanda.

“Kita pun juga perlu mengingatkan satu mirip lain untuk terus membagikan konten-konten positif agar kita semua tetap memperlihatkan aman lalu nyaman beraktivitas pada platform digital digital,” ucap Angga.

Pengusaha, Investor, juga Kreator konten, Merry Riana yang digunakan mengambil bagian membintangi video ini juga mengingatkan pentingnya bagi pengguna untuk bersikap bijak pada waktu berinteraksi di dalam jaringan digital.

“Kemajuan teknologi membantu semua kalangan, termasuk generasi muda untuk semakin berani menyuarakan pendapatnya. Namun, kemudahan ini perlu diiringi dengan rasa tanggung jawab yang tersebut besar. Kita semua harus terus melaksanakan peran kita untuk #SalingJaga, misalnya dengan menerapkan kebiasaan cek fakta sebelum membagikan sebuah cuplikan video tanpa tahu keseluruhan konteks juga kebenarannya,” ungkap Merry .

Konten video singkat juga tiada luput dari kemungkinan misinformasi serta kreator konten pun juga perlu memainkan perannya untuk berbagi informasi yang mana kredibel dan juga terpercaya, apa pun jenis kategori konten yang mana diusung.

Merry Riana.
Merry Riana.

“Sering kali, kita hanya saja mengamati potongan video atau kutipan yang digunakan sengaja diunggah supaya mengarah ke konteks tertentu, yang bisa saja jadi jarak jauh dari kejadian sebenarnya, atau justru narasi dari satu pihak saja. Sebelum membagikan suatu konten atau informasi yang kamu lihat dalam wadah digital, cari tahu dulu kebenarannya supaya kita sanggup #SalingJaga sesama kita dari dampak misinformasi,” kata Dimas Ramadhan (Dims The Meat Guy), Kreator TikTok.

Kreator TikTok, Sania Leonardo, menambahkan selain bijak berkonten, bijak berkomentar juga merupakan salah satu bentuk terpenting dari #SalingJaga.

“Kita perlu ingat bahwa ketika komentar yang tersebut kita tinggalkan di tempat unggahan orang lain, apabila tidaklah mampu dibuktikan kebenarannya mampu memiliki pengaruh yang digunakan sangat besar, tidak ada belaka ke kondisi mental orang tersebut, tapi juga aspek keberadaan lainnya seperti karir mereka. Yuk, mulai bijak pada platform digital digital lalu terus #SalingJaga satu serupa lain dari bahaya misinformasi,” terang Sania.

TikTok percaya bahwa penyediaan informasi serta sumber daya yang mana akurat sangat penting untuk memerangi misinformasi. Oleh sebab itu, TikTok bekerja sejenis dengan mitra keamanan lalu para ahli pada bidangnya untuk #SalingJaga informasi yang kredibel serta terpercaya dalam di aplikasi.

TikTok terus berupaya menegaskan bahwa konten yang melanggar Panduan Komunitas, khususnya konten yang digunakan mengandung misinformasi, akan dihapus secara proaktif kemudian dengan bantuan mitra keamanan TikTok.

Gerakan #SalingJaga dari TikTok.
Gerakan #SalingJaga dari TikTok.

TikTok menjaga keamanan dan juga kenyamanan komunitas dengan menyediakan kumpulan fitur, alat, dan juga kebijakan guna memberikan kendali lebih besar untuk pengguna untuk mengatur pengalaman mereka di tempat di aplikasi.

Sistem rekomendasi pada laman For You/ Untuk Anda mempertimbangkan preferensi pengguna di memberikan rekomendasi konten, yakni berdasarkan interaksi pengguna, informasi video, dan juga pengaturan perangkat lalu akun.

TikTok memverifikasi bahwa pengguna dapat tetap saja merasa aman juga nyaman dengan memberikan kendali penuh melawan konten yang tersebut mereka itu nikmati melalui fitur-fitur keamanan seperti penyaringan konten melalui tagar lalu kata kunci, tombol pelaporan, hingga penyegaran laman For You sesuai preferensi pengguna.

TikTok sebagai jaringan yang dimaksud inklusif menyokong pengguna untuk menjadi diri merek yang dimaksud sebenarnya, berbagi inspirasi juga mengundang umum untuk mengikuti hashtag challenge dengan cari #SalingJaga dalam TikTok..

Pengguna dapat berbagi #SalingJaga versi mereka, berbagi informasi dan juga edukasi seputar misinformasi kemudian bagaimana bersikap lebih banyak kritis dan juga bijak pada lingkungan digital dengan menggunakan tagar #SalingJaga dalam TikTok. Untuk informasi lebih besar lanjut klik di area sini.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button