Nasional

Profil Rizal Ramli, Mantan Menteri juga Ekonom yang Meninggal Planet Waktu petang Hal ini

Nadineworldwide.com – Ekonom Rizal Ramli meninggal dunia dalam RSCM, Ibukota pada hari ini, Selasa (2/1/2024). Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman itu wafat pasca berjuang melawan sakit selama satu bulan terakhir.

“Satu bulan terakhir beliau dirawat di area RSCM. Beliau berjuang melawan sakit, tetapi Tuhan punya kehendak lain,” demikian kata staf Rizal Ramli, Yosef Sampurna Nggarang untuk Suara.com.

Profil Rizal Ramli

Rizal Ramli lahir pada 10 Desember 1954 di tempat Padang, Sumatera Barat. Ia menyelesaikan S1-nya di tempat jurusan Teknik Fisika, Institut Teknologi Bandung (ITB).

Rizal berhasil menyelesaikan lembaga pendidikan S2 juga S3 pada Boston University, Amerika Serikat. Di sana ia mengambil jurusan ekonomi. Setelah berhasil mendapatkan peringkat doktor dalam Amerika Serikat, Rizal Ramli pulang ke Indonesia juga mendirikan ECONIT Advisory Group.

Selama berkuliah, Rizal Ramli juga dikenal sebagai aktivis yang dimaksud kritis terhadap Soeharto juga Orde Baru. Rizal bahkan pernah dipenjara oleh rezim Soeharto pada 1978.

Di lingkungan pemerintahan, Rizal Ramli pernah menjabat sebagai menteri. Pada era Presiden Abdurrahman Wahid, Rizal Ramli dipercaya untuk menduduki jabatan Menko Perekonomian kemudian Menteri Keuangan pada 2000 – 2001. Sebelumnya Gus Dur juga menunjuk Rizal sebagai Kepala Bulog.

Sementara pada era Presiden Joko Widodo, tepatnya pada 2015, Rizal Ramli pernah diangkat sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman. Di jabatan itu, ia semata-mata bertahan selama 11 bulan.

Di luar pemerintahan, Rizal Ramli dikenal sebagai salah satu tokoh yang tersebut kritis di isu-isu perekonomian.

Rizal Ramli diketahui pernah dua kali menikah. Ia menikah dengan Herawati Moelyono. Namun istrinya itu kemudian meninggal dikarenakan penyakit kanker.

Rizal Ramli kemudian menikah untuk kali kedua dengan Marijani, tetapi istrinya itu juga meninggal dunia akibat kanker.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button